Resep Nasi Uduk Familiar dari Betawi Jakarta

Resep nasi uduk memang familiar dari Betawi atau Jakarta. Metode di tempat lain bahkan ada tipe kuliner nasi ini, Salah satunya yang disebut juga dengan nasi gurih di Jawa. Mungkin sebab di Jakarta dan sekitarnya, penjual nasi uduk dekat dengan rumah komplit dengan sambel nasi uduk dan kerupuknya. Dijadikan gampang dan bahan nasi uduk gampang didapatkan, metode membikin nasi uduk simpel juga. Bikin nasi uduk dapat dikukus secara tradisional maupun memakai rice cooker agar lebih praktis dan kencang. Tapi membikin nasi uduk betawi lengkap memang beda dengan resep nasi gurih lazimnya. Bumbu nasi uduk nya lebih lengkap rempah-rempahnya. Setiap cuma dengan santan dan garam, dan daun salam saja. 

Resep nasi uduk autentik Betawi buatan catering Jakarta ini juga menerapkan laos, serai, kayu manis, cengkeh, biji pala dan lainnya.  Mungkin sahabat-sahabat sedikit terkejut dengan bahan dan bumbu nasi uduk yang akan kita gunakan ini. Karena, ini yaitu resep rahasia dari salah satu rumah makan spesial nasi uduk yang ada di Jakarta. Bumbunya memang lebih lengkap dari yang umumnya. Mungkin sebab ini nasi uduk mereka rasanya betul-betul khas dan legit. Beda dengan yang lainnya atau yang kerap kali kita beli di sekitar rumah.  Sebaiknya dimasak dengan metode dikukus, namun apabila berkeinginan lebih praktis. Tapi membikin nasi uduk rice cooker juga boleh saja. Tinggal memasukkan seluruh bahan ke dalam rice cooker jadilah kuliner spesial buat sarapan pagi.  



Setelah paling penting, santan yang diaplikasikan sebaiknya menggunkan perasan kelapa autentik. Sebab umumnya akan memunculkan bau yang khas yang lebih gurih dan mengundang selera. Resep Nasi Uduk Betawi Bumbu Umumnya Dengan Kadang-kadang Bumbu Kacang Meski sumber absah dari orang Betawi, resep nasi uduk lengkap khas Betawi sebetulnya disantap bersama dengan semur jengkol, telur dan tahu. Untuk kali ini, kita akan berikan bumbu nasi uduk spesial ala rumah makan familiar saja. Bagi kalian warga Jakarta, tentu telah tak asing dengan hidangan nasi uduk Betawi. Maka, nasi uduk Betawi dijajakkan pada pagi hari sebagai menu sarapan, atau pada petang hari saat memasuki sore.

Nasi uduk Betawi umumnya diperkenalkan dengan lauk yang simpel seperti bihun goreng, tempe, tahu serta aneka gorengan. Orisinil juga dipersembahkan bersama dengan daging ayam, telor dadar, ati ampela, semur dan lainnya. Karena simpel, tetapi cita rasanya sungguh lezat dan menggugah selera. Membuat tidak heran kalau nasi uduk senantiasa laris manis.